Fakta Unik Tentang Kambing

Kambing menjadi hewan yang banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Kambing bisa di manfaatkan daging, susu bahkan kulitnya sekalipun. Karena kambing mempunyai banyak bermanfaat, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membudidayakan kambing sebagai ternak mereka. Terlepas dari itu, kambing juga ternyata mempunyai kebiasaan unik, dan berikut adalah kebiasaan dan fakta unik tentang kambing tersebut:

  1. Kambing adalah hewan yang paling selektif dalam memilih makanan dibanding sapi ataupun hewan lain
    Terbukti ketika kambing sedang memakan makanan utama mereka, yaitu rumput. Mereka tidak akan memakan rumput yang sudah layu dan kering, mereka hanya mau memakan rumput yang masih fresh saja.
  2. Kambing merupakan hewan yang manja
    Kambing memakan bermacam jenis tumbuhan, tetapi ketika rumput yang menjadi makanannya tersebut sudah jatuh ke lantai atau tanah, mereka tidak akan memakannya, walaupun rumput tersebut masih dalam keadaan segar/fresh.
  3. Kambing dan penemuan kopi
    Uniknya, buah kopi pertama kali ditemukan oleh para penggembala kambing, para penggembala kambing heran ketika kambing gembalaan mereka menjadi energik, ternyata setelah diselidiki kambing-kambingnya memakan buah kopi. Dan sejak saat itulah kopi mulai menyebar dan dibudidayakan.
  4. Kambing adalah hewan pertama yang di budidayakan
    Ya, kambing merupakan hewan pertama yang dibudidayakan oleh manusia, diceritakan dari sejarah bahwa kambing sudah mulai dibudiyakan sejak peradaban nabi Adam A.S.
  5. Kambing sebagai alat pembayaran
    Dahulu sebelum uang sebagai alat pembayaran yang sah ditemukan, kambing lah yang digunakan sebagai alat pembayaran, karena pada zaman dahulu kambing sangat begitu bernilai, dan sering digunakan sebagai alat untuk menukar perak bahkan emas.
  6. Kambing sudah di pelihara sejak zaman pra-sejarah
    Dengan ditemukannya lukisan yang berusia kurang lebih 12.000 tahun yang berada pada dinding-dinding gua di Eropa. Lukisan tersebut menggambarkan keberadaan kambing pada masa itu.
  7. Christopher Columbus sendiri membawa kambing ke Amerika pada tahun 1943
    Berkat jasa nya Christopher Columbus, populasi kambing menyebar keseluruh dunia, termasuk juga ke Benua Amerika yang ia bawa sendiri pada tahun 1943.
 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>